Deretan Gua Eksotis di Penungkiran, Deli Serdang


Deli Serdang boleh dibilang sebagai sebuah kabupaten dengan begitu banyak pesona alam di dalamnya. Mulai dari sungai, air terjun, hutan, pantai hingga ragam flora dan fauna menjadi satu anugrah yang patut disukuri. Salah satu objek wisata yang tidak kalah menarik adalah deretan Gua-Gua di Desa Penungkiran, Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang. Uniknya, kebanyakan orang justru mengenal gua ini dengan nama Gua Penen. Ya, penen sendiri adalah desa tetangga, namun secara administratif berada di Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang. Bahkan istilah Gua Penen bukanlah sesuatu yang asing ditelinga para traveler Sumatera Utara.

Ketika berkunjung kesana pada bulan Mei 2017, saya bersama beberapa teman sempat sedikit ‘terkecoh’ dengan penamaan Gua Penen. Hal ini terjadi saat kami tiba di Desa Penen dan kemudian menanyakan lokasi gua-gua tersebut pada masyarakat setempat. Dari tiga orang yang ditanyai, semua kompak menjawab bahwa di Desa Penen tidak ada gua seperti yang kami tanyakan. Setelah menggali informasi lebih dalam, barulah kami diberitahu bahwa gua yang kami tuju ada di desa tetangga.

Dari Desa Penen, jalan menuju lokasi gua tidak sulit. Petunjuk arah yang menginformasikan letak objek wisata Gua Ergendang terpampang cukup jelas dengan kondisi jalan yang relatif mulus. Kesan pertama ketika sampai dilokasi adalah perasaan takjub bercampur heran, sebab areal sekitar telah dipagar dan tepat didalam lubang masuk gua terdapat bangunan kolam pemandian air panas. Selidik punya selidik, ternyata areal seluas 3 Ha, tempat dimana deretan gua berada sudah merupakan milik pribadi. Sebelumnya, jalan menuju gua bisa dilalui melalui persawahan milik masyarakat Desa Penen, atau tidak jauh dari lokasi pemandian air panas Embun Pagi yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat. Adanya pungutan-pungutan dari warga lain, menyebabkan sedikit terjadi gesekan antar pengelola dan warga. Itu pula yang menjadi alasan mengapa areal tersebut dipagar.


Gua di Desa Penungkiran berbentuk lorong-lorong sempit dan bertumpuk dalam sebuah cekungan besar diatas permukaan bumi. Ditengah-tengah cekungan dibangun kolam pemandian berbentuk segi enam. Pada hari-hari tertentu, pengunjung diperkenakan untuk mandi diatas kolam. Airnya berasal dari pipa-pipa yang bersumber langsung dari mata air panas. Dalam areal ini terdapat pula Gua Putri yang didalamnya terdapat kolam bentukan alam dengan air panas dan bau belerang yang menyengat. Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, lokasi ini dikisahkan sebagai tempat pemandian putri raja yang airnya berkhasiat untuk membuat awet muda. Masih berada dikawasan yang sama, terdapat pula Gua Ergendang. Dinamai demikian karena disekitar gua terdapat batu besar yang bentuk dan suaranya ketika dipukul menyerupai gendang. Sayangnya, batu tersebut sudah pecah karena ulah pengunjung.


Menurut penuturan pengelola, terdapat sembilan buah gua dikawasan ini. Adapaun yang terbesar bernama Gua Los, letaknya sekitar 100 Meter dari areal kolam pemandian dan deretan gua-gua lain. Konon gua tersebut jika disusuri bisa tembus hingga kewilayah Bandar Baru di Kecamatan Sibolangit. Namun kondisi gua yang sangat gelap, plus air panas dan hawa belerang yang menyengat membuat siapa saja yang ingin menelusuri gua harus benar-benar dalam keadaan yang fit.

Akses Menuju Lokasi
Seperti yang sudah disinggung diawal, secara administratif lokasi gua ini terdapat di Desa Penungkiran, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Namun, kebanyakan orang mengenal gua tersebut berada di Desa Penen, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang. Bila pengunjung datang dari arah Kota Medan, jaraknya berkisar 35 Km dengan melalui rute Medan- Deli Tua -Pemandian Biru-biru – Desa Penen/Penungkiran. Waktu tempuh hanya sekitar 1 setengah jam perjalanan dengan kondisi jalan sedikit berlubang dan berkelok-kelok cukup tajam.

Deretan gua-gua di Deli Serdang ini bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata. Melihat goresan dinding-dinding gua dengan stalaktit dan stalagmit bentukan alam yang sungguh eksotis. Saat badan mulai lelah menelusuri keindahan gua, silahkan berendam di kolam air panas yang tersedia sembari menikmati suasana alam yang masih asri. Ya, setidaknya bisa menghapus sedikit beban pikiran dan jumudnya kehidupan di Kota. 


Deretan Gua Eksotis di Penungkiran, Deli Serdang Deretan Gua Eksotis di Penungkiran, Deli Serdang Reviewed by Amin Multazam on 7:05 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.