Jumat, 05 Agustus 2016

Pulau Mursala Yang Eksotik

Air Terjun Pulau Mursala Teluk Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan surga wisata bahari di Provinsi Sumatera Utara. Sala... thumbnail 1 summary
Air Terjun Pulau Mursala
Teluk Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan surga wisata bahari di Provinsi Sumatera Utara. Salah satu yang paling populer adalah Pulau Mursala atau Mansalaar Island. Terletak disebelah barat daya Kota Sibolga tepatnya berada antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias. Berjarak sekitar 360 Km dari Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara. Luas Pulau Mursala sekitar 8.000 ha, dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan kapal cepat dari Sibolga, atau 3 jam perjalanan menggunakan kapal biasa. Pulau ini dihuni sekitar 60-an kepala keluarga serta dikelilingi belasan pulau-pulau kecil yang kebanyakan belum berpenghuni.

Sebut saja diantaranya Pulau Putri, Pulau Silabu Na Godang, Pulau Kalimantung Na Menek dan Pulau Jambe yang tidak kalah indah dengan pesona Pulau Mursala. Laguna dengan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek, serta perairan dangkal dengan aneka terumbu karang dan ikan hias yang indah di sekitar Pulau Jambe.


Mursala saat ini telah menjelma menjadi satu destinasi wisata bahari paling populer di Sumatera Utara. Pesona pasir putih dan kekayaan biota laut pastinya dapat memanjakan semua wisatawan yang berkunjung kepulau ini. Yang khas dan menjadi icon tentu saja Air Terjun Pulau Mursala yang langsung terjun ke laut. Mengapa ikonik? sebab air tejun demikian hanya terdapat beberapa di dunia, diantaranya adalah Kilt Rock Waterfall di Skotlandia, Falls Sounds Milford di Fjords Selandia Baru, dan Jeongbang di Pulau Jeju, Korea Selatan.


Air Terjun Pulau Mursala rasanya tawar, berasal dari sumber mata air yang ada di pulau tersebut. Keunikan lain yang dimiliki Air Terjun Pulau Mursala adalah bahwa air terjun ini berasal dari aliran sungai terpendek didunia. Memiliki lebar 400 meter dengan panjang hanya sekitar 700 meter. Air terjun setinggi 35 meter ini langsung jatuh dari tebing pulau ke permukaan laut. Hasilnya, sekitar 100 meter air laut di sekitar air terjun rasanya tawar. Percampuran ini menghasilkan terumbu karang yang unik dan indah.

Tidak ada komentar

Posting Komentar