Kamis, 21 Juli 2016

Pulau Pandang, Wisata Bahari Pantai Timur Sumatera

Pulau Pandang Sekitar Bulan Februari 2016, saya akhirnya berkesempatan traveling menuju Pulau Pandang, Kabupaten Batubara. Pulau Pand... thumbnail 1 summary
Pulau Pandang
Sekitar Bulan Februari 2016, saya akhirnya berkesempatan traveling menuju Pulau Pandang, Kabupaten Batubara. Pulau Pandang merupakan wisata bahari di Pantai Timur Sumatera yang belakangan ini menjadi salah satu favorit para wisatawan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Medan (ibukota provinsi) menyebabkan akses menuju kesana relatif mudah, sekaligus tentu saja dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Secara administratif Pulau Pandang masuk dalam wilayah Kabupaten Batubara, Sumatera utara. Salah satu dari gugusan pulau-pulau terluar NKRI yang dapat ditempuh dengan menyeberang kapal selama 2 jam menuju perairan Selat Malaka melalui Pelabuhan Tanjung Tiram. Tanjung Tiram sendiri berjarak kurang lebih 160 Km dari Kota Medan (4 Jam perjalanan).



Untuk menyewa kapal, wisatawan dapat bernegosiasi langsung dengan nelayan lokal di Tanjung Tiram yang bersedia untuk menyewakan kapalnya. Harga tergantung jenis kapal dan kemampuan wisatawan dalam hal tawar menawar. Model penyewaan kapal bisa secara antar jemput atau stay menunggu di pulau. Semua tergantung kesepakatan antara pemilik Kapal dan wisatawan. Pulau dengan luas 1 ha ini dijaga oleh Departemen Perhubungan Distrik Navigasi, sehingga terdapat beberapa rumah dengan fasilitas toilet yang nantinya dapat dijadikan tempat tinggal para wisatawan selama berlibur.

Selama berada di pulau, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti snorkling, hunting foto, diving dan tracking menuju mercusuar. Adanya mercusuar sekaligus penanda bahwa Pulau Pandang sebagai daerah terluar dan jalur laut bagi para pelaut. Memandang panorama alam dari atas mercusuar merupakan momen yang sungguh mengesankan. Pulau ini menawarkan keindahan dengan pantai berpasir putih, batu-batu cadas besar, terumbu karang dan biota laut yang masih terjaga. Jika ingin berkeliling mengarungi lautan, tidak jauh dari pulau pandang terdapat pulau salah namo yang sekarang juga sedang gencar-gencarnya di promosikan menjadi daerah tujuan wisata.

View Pulau Pandang Dari Atas Mercusuar
Catatan kritik adalah persoalan sampah yang sungguh sayang berserakan menodai keindahan pasir putih pulau ini. Belum lagi menyoal keseriusan pemkab untuk meningkatkan pariwisata di pulau pandang sebagai salah satu wisata andalan Kabupaten Batubara. Hal ini terbukti dari masih minimnya sarana dan prasarana penunjang yang di fasilitasi oleh Pemkab.

Tidak ada komentar

Posting Komentar