Pesona Menara Pandang Tele



Mungkin begitu banyak titik indah untuk menyaksikan pesona alam Danau Toba. Salah satu faktornya barangkali karena danau terbesar di Asia Tenggara ini begitu luas, meliputi 7 kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Dari titik manapun menyaksikannya tentu memiliki keindahan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan antara satu dengan lain. Namun boleh jadi, belum lengkap rasanya bila tak menyaksikan pemandangan alam Danau Toba dari Menara Pandang Tele. Wajar saja, tempat ini kerap disebut sebagai salah satu titik terindah menyaksikan Danau Toba.

Lokasi menara pandang ini terdapat di Tele, Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir. Untuk menuju lokasi dapat diakses melalui jalan mendaki kurang lebih berjarak 25 km dari Kota Panggururan. Atau jika melalui jalan lintas Sidikalang - Dolok Sanggul, sesampainya di persimpangan tele, lebih kurang 7 km menuruni lereng bukit (nantinya menuju Panggururan Kab.samosir). Sepanjang perjalanan menuju menara Pandang, anda tak akan bosan menyaksikan indahnya panorama Danau Toba. Walaupun jalan cukup terjal dan sempit, namun kelelahan akan terbayar ketika menyaksikan keindahan yang didapat selama perjalanan.

Menara pandang tele terdiri dari 4 tingkat yang bisa dinaiki menggunakan tangga. Di atas kita dapat melihat keindahan Hutan Ginjang, Pusuk Buhit, Danau Toba dan indahnya hamparan Bukit Barisan. Tak jauh dari lokasi menara pandang, terdapat warung yang juga menyediakan penginapan sementara. Namun sedikit kritik, menara pandang ini kondisinya tidak begitu terawat. Cat putih yang mulai berubah warna menjadi gelap mungkin bisa menjadi bukti




Pesona Menara Pandang Tele Pesona Menara Pandang Tele Reviewed by Amin Multazam on 3:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.